Kamis, 23 Mei 2013

Rangka atap baja ringan berkualitas

CV. TRI JAYA UTAMA MALANG
DISTRIBUTOR & APLIKATOR GALVALUM
Bergaransi 10 tahun
Telp. 0341 7716644 / 085855499925

Software Baja Ringan

Bisakah struktur perhitungan baja ringan dihitung menggunakan software biasa yang umum di pakai ? ” demikian pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para calon customer pengguna baja ringan. Karena perilaku strukturnya yang berbeda, struktur rangka atap baja ringan tidak bisa dihitung menggunakan software analisis struktur untuk perhitungan konstruksi baja tebal ataupun konstruksi kayu yang umum dipakai. Karena walaupun software tersebut (misalnya saja software SAP, yaitu software yang umum dipakai untuk perhitungan struktur bangunan) secara input data, ketebalan besi dapat ditipiskan hingga setebal profil baja ringan, akan tetapi hasil outputnya tidak akan seakurat apabila dihitung menggunakan software khusus baja ringan, karena perilaku struktur dan standar peraturan yang digunakan dalam masing-masing software sudah jelas berbeda.

Seperti yang telah disinggung pada artikel yang lalu, banyak merek baja ringan yang berjumlah puluhan bahkan ratusan merek produk baja ringan dimana semua merek tersebut mengklaim dan mendeklarasikan sebagai merek no.1 dan paling top diantara merek baja ringan yang lain, lalu bagaimanakah cara memilih produk baja ringan yang tepat diantara ratusan merek yang ada sehingga terhindar dari pengambilan keputusan yang salah?

Tentu saja software baja ringan yang digunakan untuk menghitung analisa pembebanan baik itu beban mati, beban sendiri, beban hidup, beban angin, beban plafond, dan beban-beban lainnya yang bekerja pada suatu struktur baja ringan menjadi salah satu pertimbangan utama. Semakin detail hasil atau output suatu software struktur baja ringan tentu saja akan semakin terjamin kekuatan suatu struktur baja ringan. Hasil output suatu software baja ringan yang perlu dicermati diantaranya adalah : jumlah screw setiap join atau buhul kuda-kuda baja ringan, besarnya beban pada setiap tumpuan kuda-kuda ( biasanya dalam satuan Kilo Newton (KN) ), jenis dan ketebalan profil baja ringan yang digunakan, besar beban genteng dan beban plafond yang digunakan, besarnya lendutan izin ( chamber ) yang terjadi, dsb.

Oleh karena itu semua calon pengguna produk baja ringan dituntut untuk kritis dan cermat dalam memilih produk dan struktur baja ringan. Setiap pertanyaan yang diajukan calon pelanggan harus dapat dijelaskan oleh tenaga penjual dengan baik dan memiliki alasan yang logis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar